MENJELANG NATAL DAN TAHUN BARU, SEEKOR HARIMAU BENGGALA LAHIR DI KEBUN BINATANG SERULINGMAS

BANJARNEGARA – Menjelang akhir tahun 2022, Kebun binatang Serulingmas Banjarnegara Kembali mendapat satwa baru dengan kelahiran seekor Harimau Benggala pada 15 Oktober 2022. Satwa asal India tersebut berjenis kelamin Betina dan diberi nama Sheren dan merupakan Anak dari indukan Bernama Dharma dan Upik. Sheren sendiri merupakan anak kedua setelah anak harimau benggala Bernama dharmi lahir pada pertengahan tahun 2020.

Kelahiran Sheren sendiri terjadi pada malam hari, dan ditemukan pertama kali oleh Agus Riawan selaku pawang harimau dipagi harinya. Petugas Kesehatan satwa Serulingmas Zoo langsung memantau Kesehatan Sheren. “kami memantau anak harimau apakah disusui oleh induknya atau tidak” kata Nenik Serdiana selaku Paramedik veteriner Serulingmas Zoo. Untungnya, Sheren dapat disusui oleh induknya dan selama dua bulan pantauan ini kondisi Sheren sehat.

Lulut Yekti Adi selaku direktur  Kebun Binatang Serulingmas Banjarnegara tentunya menyambut baik kelahiran anakan harimau benggala ini. “Senang sekali menyambut natal dan tahun baru ini, Sheren bisa lahir dan meramaikan Serulingmas zoo” Kata Lulut”. Menambahkan, Lulut juga berharap bahwa Sheren dapat tumbuh dengan sehat dan baik.

Harimau Benggala sendiri merupakan satwa yang terancam punah, namun di Indonesia sendiri satwa ini bukan merupakan satwa yang dilindungi karena bukan satwa endemic Indonesia. Di Kebun Binatang Serulingmas sendiri memiliki enam koleksi Harimau Benggala, diantaranya dua indukan dan empat anakan.

Leave a Reply