Yuk Kenalan sama si “ Mesin Terbang”, Fauna Identitas Kabupaten Jepara juga salah satu Koleksi Serulingmas Zoo

        Siapa yang tidak suka melihat  burung elang? Burung yang satu ini memang terkenal dengan kegagahannya di kalangan masyarakat khususnya anak-anak. Dari 22 jenis elang yang ada di Indonesia, ada  salah satu jenis elang yang dijuluki sebagai “Mesin Terbang”. Nah elang ini ada di Serulingmas lho tepatnya di kandang berwarna hijau. Zoomania yang sudah pernah berkunjung ke Serulingmas pasti pernah melihatnya.

        Yaaa itulah Elang Laut Perut Putih, si mesin terbang. Ia disebut mesin terbang karena panjang sayapnya mencapai tiga meter yang  membuat burung ini bisa terbang dengan kecepatan mencapai 115 km/jam. Elang ini juga merupakan jenis elang laut terbesar lho.

       Elang dengan nama latin Haliaeetus leucogaster ini merupakan hewan karnivora yang biasanya memakan daging, ikan, dls. Ia memiliki dua fase dalam hidupnya. Penanda dari kedua fase tersebut ada pada warna perutnya. Pada fase  remaja atau juvenile, warna bulu pada perutnya berwarna coklat dan ketika masuk pada fase dewasa, bulu perutnya berubah bertahap menjadi warna putih. Serulingmas sendiri memiliki 2 ekor elang laut perut putih yang salahsatunya masih berada di fase remaja dan yang satunya sudah masuk fase dewasa.

      Hewan ini masuk dalam hewan dilindungi lho karena keberadaannya yang semakin sedikit.Status konservasi elang laut perut putih, berdasarkan IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources), masuk dalam kategori Least Concern (LC) atau risiko kepunahan rendah. Selain IUCN, elang laut ini juga masuk dalam satwa dilindungi dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya, PP 7 dan 8 tahun 1999.

Leave a Reply